Tentu kita semua tahu betapa pentingnya air bersih bagi kita semua. Kita seringnya hanya mengawatirkan kebersihan air saat hendak memasak dan minum, namun air bersih juga dibutuhkan saat kita mandi, cuci tangan dan berwudhu.

Karena jika kita menggunakan air yang tidak bersih atau menggandung bakteri untuk mandi dan lain-lain, dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti iritasi pada kulit, gatal-gatal, alergi, kulit menjadi kusik atau kering, Bahkan sampai Diare, Panu, Kadas, Kurap dan penyakit kulit lainnya.

Sebagian besar rumah-rumah di Indonesia menggunakan penampungan air yang biasa disebut toren atau tendon air, bisa dalam bentuk ground tank atau roof tank.  Tetapi banyak dari kita yang sering menyepelekan akan kebersihannya, padahal dari sinilah sumber bakteri dan kotoran yang dapat mengkontaminasi air di rumah kita.

Penampungan air, toren ataupun tendon yang lama tidak dikuras dan dibersihkan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur, lumut dan bakteri. Selain itu tanah, lumpur dan pasir mengendap terlalu lama, juga dapat menyebabkan air menjadi keruh dan berbau, dan dapat menjadi tempat berkembang biaknya larva serangga dan lintah.

Menurut beberapa pakar, penampungan air sebaiknya dikuras dan dibersihkan secara berkala antara 3 bulan sekali sampai dengan 6 bulan sekali, tergantung kualitas air di daerah tersebut. Namun jika teman-teman mau membersihkan sendiri sebaiknya berhati-hati saat melakukannya karena biasanya lokasi penampungan air sulit di akses.

Atau jika teman-teman tidak ada waktu dan tidak mau repot anda dapat memakai aplikasi BursaTukang untuk memesan jasa cuci toren. Mitra BursaTukang yang profesional dan terlatih akan dengan senang membersihkan penampungan air di rumah teman-teman.

Facebook Comments
Bagikan: