Filter udara di sistem pendingin udara Anda berfungsi untuk membersihkan udara yang keluar dari unit AC ke dalam rumah anda. Jika diganti atau dibersihkan secara teratur, unit AC anda akan berjalan dengan lebih efisien, sehingga anda dan keluarga anda akan menghirup udara bersih. Jika tidak dirawat dengan baik maka walaupun unit AC anda masih bisa sedikit mendinginkan rumah anda, tetapi dalam kenyataannya udara yang keluar dari unit AC sudah tidak bersih dan tercemar.

Berdasarkan perhitungan EPA atau Environmental Protection Agency (Badan Perlindungan Lingkungannya Amerika) kita menghabiskan sebanyak 90 persen dari waktu kita di dalam ruangan. Padahal, karena rumah-rumah dan gedung-gedung saat ini telah terisolasi dengan baik dan dibuat kedap udara dalam upaya untuk menurunkan penggunaan energi, namun effect lainya adalah rumah dan gedung saat ini menahan udara kotor tetap berada dalam rumah dan gedung hingga pada titik dimana udara di dalam rumah dapat tercemar dua sampai lima kali lebih tinggi daripada di luar ruangan atau tempat terbuka. Kabar baiknya adalah kualitas udara yang anda dan keluarga anda hirup dapat ditingkatkan dengan hanya mengubah penyaring AC dan unitnya secara teratur (termasuk salurannya).

Filter AC yang kotor dapat menyebabkan saluran udara di rumah menjadi kotor dan tersumbat, menyediakan lingkungan yang ideal untuk jamur dan spora untuk berkembang dalam saluran AC tersebut. Jutaan partikel udara yang tidak diinginkan dapat terhirup di dalam rumah anda. filter udara, saluran dan ventilasi diffuser dapat menjadi perangkap untuk debu, asap tembakau, serbuk sari, bau masakan, rambut hewan peliharaan dan ketombe.

Pemeliharaan filter AC dan saluran yang tidak benar dapat mengakibatkan penumpukan alergen seperti jamur, serbuk sari dan bakteri pada unit AC yang jika kita hirup secara terus menerus dapat memicu:

  • Kelelahan
  • Batuk & sakit tenggorokan
  • Hidung mampet & bengek
  • Iritasi pada mata, hidung & tenggorokan
  • Serangan asma
  • Penyakit seperti flu

filter udara yang kotor juga dapat menghambat kinerja dehumidifier pada unit AC.

Bahaya kesehatan utama yang dapat diakibatkan dari jarangnya unit ac dan salurannya dibersihkan adalah ketika ada hewan yang mati dan membusuk di saluran unit AC tanpa diketehaui sehingga bakteri jahat tersembunyi di saluran unit AC. Hewan yang membusuk di dalam unit AC dan salurannya dapat mengakibatkan bakteri yang tertiup ke rumah dan terhirup oleh pemilik rumah, dan dapat mengakibatkan berbagai infeksi dan masalah kesehatan. Peningkatan suhu dan kelembaban yang dibuat oleh unit HVAC yang berada di dalam unit AC membantu pertumbuhan organisme dan mempercepat dekomposisi alami dari hewan dan tumbuhan.

Biasanya produsen dan penjual AC memperingatkan pemilik rumah bahwa mereka perlu membersihkan filter dalam sistem udara mereka. Namun, mereka sering terlupa untuk mengingatkan pemilik rumah bahwa penumpukan kotoran dapat terjadi di berbagai titik lainnya di seluruh sistem. Berbagai jenis jamur dapat tumbuh jauh di dalam unit. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya aliran udara melalui sistem, motor yang bekerja terlalu berat, dan biaya operasi yang lebih tinggi untuk mendapatkan kenyamanan udara yang efektif.

AC yang tidak dipelihara dengan baik dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Ini mungkin termasuk flu biasa, sakit tenggorokan, dan tonsilitis. Selain itu, filter udara yang kotor tidak dapat menyaring bakteri udara, malahan dapat menyebarkan kembali bakteri penyakit ke orang lain di rumah atau kantor. Penelitian telah menunjukkan bahwa persentase terbesar dari ketidakhadiran kerja adalah karena pilek, flu, dan infeksi pernapasan lainnya, yang dapat dikaitkan dengan sirkulasi bakteri di udara dan jamur dalam sistem AC.

Merawat AC rumah anda dengan benar dan rutin bisa menjadi suatu keharusan bagi seluruh pemilik unit AC, mengingat betapa mudah dan biaya yang relative tidak terlalu besar untuk menjaga unit AC tetap bersih jika dibandingkan dengan biaya kesehatan yang perlu dikeluarkan jika anda atau keluarga anda ada yang sakit. Secara tidak langsung kesehatan keluarga anda dan kondisi unit AC anda terhubung.

Facebook Comments
Bagikan: